Thursday, June 19, 2014

Nih Jurusan Yang Ane Mau Dalemin... EKONOMI PEMBANGUNAN


EKONOMI PEMBANGUNAN
Suatu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis masalah-masalah yang dihadapi oleh negara-negara sedang berkembang dan mendapatkan cara-cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut supaya negara-negara berkembang dapat membangun ekonominya dengan lebih cepat lagi.

Dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf hidup masyarakatnya, atau
Suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang

PENGGOLONGAN NEGARA DARI SEGI KESEJAHTERAAN MASYARAKATNYA BROO

     a.     Negara Dunia I (Negara Maju)
                Eropa Barat (Inggris, Perancis, Belanda, Portugis, Jerman Barat)
   Amerika Utara (USA, Kanada)
   Australia, New Zeland dan Jepang
     b.     Negara Dunia II (Negara Maju)
                Eropa Timur (Rusia, Polandia, Jerman Timur, Cekoslowakia)
     c.     Negara Dunia III (Negara Sedang Berkembang/Negara Selatan)
             Sebagian besar Asia (kecuali Jepang), Afrika, Amerika Latin (Amerika Tengah dan Selatan).

Nih Berdasarkan pada tingkat pendapatan perkapita
     a.     Negara Maju 0 > US$ 2.000
     b.     Negara Semi Maju 0 > US$ 400
     c.      Negara Miskin 0  US$ 400
 Analisis Ekonomi Pembangunan = Permasalahan Negara Sedang Berkembang.


Ini Tujuan analisis ekonomi pembangunan broo :
1.     Menelaah faktor-faktor yang menimbulkan ketiadaan pembangunan.
2.     Menelaah faktor-faktor yang menimbulkan keterlambatan pembangunan.
3.     Mengemukakan cara-cara pendekatan yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi sehingga mempercepat jalannya pembangunan.


Ini Bidang-bidang penting yang dianalisis dalam Ekonomi Pembangunan broo :
1.  Masalah pembentukan modal (investasi)
2.  Masalah perdagangan luar negeri (ekspor & impor)
3.  Masalah pengerahan tabungan.
4.  Masalah bantuan luar negeri
5.  Masalah dalam sektor pertanian atau industri
6.  Masalah pendidikan dan peranannya dalam menciptakan pembangunan.










No comments:

Post a Comment